Welcome

Rabu, 23 Oktober 2013

NOVEL JINGGA UNTUK MATAHARI





Jingga untuk Matahari


Besok paginya Tari siuman. Semua orang sudah menunggunya sejak malam bahkan mereka tidak pulang, kecuali Fio. Karna Fio cewek, kata Oji nggak baik cewek nginep-nginep. Jadilah semalam Oji nganterin Fio pulang dulu setelah itu baru balik lagi ke rumah sakit. Namun Fio sudah datang lagi sekarang. Saat Tari membuka mata pertama kali yang dilihatnya Ari, karena memang sejak semalam, sejak dokter memperbolehkan mereka semua masuk, Ari tidak beranjak dari sebelah Tari, memegang erat tangan Tari. Bahkan dia tidak mandi, tidak makan sejak kemarin.
”gue dimana...” ucap Tari dengan suara tersekat, namun masih lebih baik dari keadaanya kemarin. Kali ini dia sudah lumayan segar. Ari hanya diam.
”kamu dirumah sakit. Kemarin ada sedikit insiden sayang” mama Tari menjawab.
”mama...”
”kamu nggak apa-apa kan?” tanya mama Tari khawatir.
”rasanya badan Tari sakit semua” lalu pandangannya beralih ke Ari.
”kakak, kemaren...”
”maafin gue Tar. Maaf” suara Ari parau. Dia bingung. Bingung ingin memulai penjelasan darimana.
”kenapa kakak yang minta maaf? Kan yang jahat kak Angga sama kak Vero”
”lo sembuh dulu yah, ntar gue jelasin semuanya. Semuanya Tar” ucap Ari tulus.
                                                          ***

Setelah perjalanan 7 jam dipesawat, dan 1 jam dari bandara akhirnya Adis dengan pembantunya sudah sampai ke tempat tinggal baru mereka.
”udah nyampe rumah baru?” tanya mamanya lewat sambungan telfon.
”udah ma. Ini lagi beres-beres”
”tapi kamu jangan capek-capek loh. Ntar colaps lagi. Mama khawatir soalnya kamu jauh gitu”
”iya ma, iya. Kan aku sama bibik”
”yaudah. kamu hati-hati ya sayang. Kalo ada apa-apa telfon mama”
”siap bos”
”oke. Bye sayang”
Sambungan telfon ditutup. Gadis itu kembali tersenyum setelah terfikir lagi akan hari-hari indahnya ke depan.
                                                          ***
Sore hari, di atas gedung yang sudah tidak terpakai, yang darisana dapat benar-benar melihat dengan jelas matahari yang perlahan pergi untuk menyinari belahan bumi lainnya.
Tari diam. Dia masih mencerna semua hal yang Ari ceritakan padanya barusan.
”jadi kak Angga mau bales dendem gitu?”
”kayaknya sih gitu”
”trus kenapa bales dendemnya ke gue kak?”
Untuk alasan yang satu ini memang Ari belum menceritakan ke Tari, karna malu.
”emm... itu...”
”kenapa?”
”Angga sayang banget sama cewek itu”
”bukan itu. Kalo soal itu udah dari tadi kakak ngasih tau kan. Berkali-kali malah. Pertanyaan gue tuh, kenapa kak Angga balesnya malah nyakitin gue?”
”karna kata Angga, gue udah nyakitin cewek yang dia sayang”
”jadi?” pertanyaan Tari kali ini benar-benar membuat Ari habis kesabaran.
”lo tuh ya. Males banget mikir. Pikirin aja sendiri”
”yeee. Gue nanya doang. Gue sakit nih. Masa gue tau-tau nanggung sakit aja tapi gak tau kesalahan gue apa”
”ck. Nih, lo denger baik-baik yah. Gue Cuma ngomong sekali, gak bakal gue ulangin. Angga bilang, gue udah nyakitin orang yang dia sayang. Jadi, dia juga bakal balesnya ke orang yang gue sayang” Ari langsung memalingkan muka.
”hah?” Tari masih bingung.
Ari hanya diam. Dia masih menghadapkan wajahnya ke arah lain.
”kak Ari” panggil Tari.
”apa?”
”itu maksudnya apa?” Tari mulai mengerti makna dari kata-kata Ari barusan. Namun ia seperti ingin mendapat kepastian.
”yang mana?”
”yang soal alesan kak Angga nyakitin gue”
”yaa gitu”
”gitu gimana?” Tari tersenyum dalam hati.
”banyak tanya. Pulang yuk. Udah sore banget nih, bentar lagi gelap”
”jelasin dulu” Tari makin penasaran. ’mungkin ini saatnya’ batin Ari. Ari menghadapkan wajahnya ke Tari, menatap tepat di bola mata hitam Tari tanpa keraguan.
”kalo lo masih inget Tar, pertama kita ketemu. Waktu gue baris di depan lo pas upacara. Gue udah berkali-kali bilang ke lo kan. Kalo itu bukan kebetulan, itu takdir Tar. Dihari-hari berikutnya juga, walopun mungkin buat lo kaget, karna kehadiran dan cara gue terlalu frontal buat cewek kalem kayak lo. Tapi gue ngerasa seneng, gue kayak hidup lagi setelah sekian lama mati suri. Kalo mau dikumpulin maaf gue ke lo karna udah buat hidup lo terkesan berantakan sejak kenal gue, mungkin tuh maaf udah setinggi gunung yah. Tapi itu cara gue Tar, cara gue buat ngejaga lo. Gue udah capek kehilangan Tar. Gue gak mau jadi diri gue yang dulu, gue yang lemah, yang cuma bisa pasrah ditinggal orang yang gue sayang. Gue gak mau lagi Tar” Ari mengucapkan kata-per-katanya dengan lirih, penuh penekanan.
”ini semua bukan soal nama Tar, bukan soal masa lalu, apalagi kebetulan. Ini murni takdir. Takdir kita. Jauh sebelum gue tau nama lengkap lo, lo udah narik gue Tar. Narik gue, jauh ke dalam hati lo” ucap Ari lembut. Tari mulai mencoba menanggapi.
“lo emang ngeselin, jahat, bikin bete, bikin emosi. Tapi gue tau, itu Cuma cara lo buat jagain gue kakak. Lo emang suka bikin gue emosi, bikin gue naik darah, bahkan bikin gue nangis malah. Tapi kalo lo nggak ada, gue selalu khawatir. Gue nggak mau Matahari Senja gue kenapa-napa. Gue nggak mau dia ngejalanin hidup yang keras lagi. Gue nggak mau dia terpuruk sendiri. Yang gue mau dia tau, kalo disini ada gue yang bisa jadi apapun buat dia” ucapan tulus Tari barusan benar-benar membuat Ari terkejut, tapi juga lega. Dia tidak menyangka akhir dari penantian panjangnya akan seindah ini. Kata-kata cewek ini barusan seperti kehangatan yang dihamburkan ke dalam hatinya yang selama ini beku.
“gue sayang banget sama lo, Jingga Matahari” ucap Ari tulus.
”gue nggak...” Tari menggantung kalimatnya “gue nggak akan mau kehilangan lo Matahari Senja. Karna gue juga sayang banget sama lo”
Kemudian satu kecupan lembut mendarat di kening Tari. Begitu lama. Begitu hangat. Begitu menenangkan.
                                                          ***

Besoknya di rumah Tari...
“kak Angga barusan pergi”
“hah? Ngapain dia kesini? Dia nyakitin lo lagi Tar? Kurang ajar emang tuh anak” tanya Ari tak sabar.
“kakak tenang kenapa sih. Kak Angga kesini minta maaf sama gue juga sama mama soalnya kemaren udah nyakitin gue. Malah kak Angga hampir sujud sama mama” jawab Tari.
“trus?”
“yaudah abis itu mama maafin, Tari juga maafin, trus kak Angga pergi. Kasian, dia masih keliatan kacau banget” ucap Tari tulus.
“dia udah nyakitin elo Tar. Masih aja dikasihanin. Kalo gue jadi elo, ogah banget gue maafin dia”
”itu kan emang sifat kakak” ucap Tari sambil tersenyum.
”maksud lo?”
Kemudian Tari terkekeh geli.
                                                          ***

“Adis?” tanyanya kaget.
”iya tante, ini Adis” ucapan itu diiringi senyuman. Senyuman yang sudah lama tidak dilihatnya. Senyum manis seorang gadis kecil yang dulu sangat sering dilihatnya. Gadis kecil yang seringkali menemani hari-hari anaknya.
”kamu apa kabar? 3 tahun yang lalu kamu pergi gitu aja, nggak pamit sama tante”
”Adis baik-baik aja tante. Oh iya, maaf soal itu tan. Emang waktu itu Adis perginya juga mendadak. Emh...” Adis menggantungkan kalimatnya. ”emang Angga nggak cerita?”
”dia cuma bilang kamu pergi. Tiap tante tanya dia malah marah”
”iya yah tan? Mungkin dia masih marah sama Adis”
”kamu tanya sendiri deh. Tante juga nggak ngerti kalo soal itu”
”dia ada tan?”
”dia lagi nggak ada dirumah. Tante juga kurang tau dia kemana, soalnya tadi dia nggak ngomong dulu, tiba-tiba udah ngilang aja. Dia pergi dari pagi, malah belum sempet makan” ucap mama Angga khawatir.
”yaudah. ntar Adis kesini lagi. Adis pulang dulu deh tante”
”kamu nggak mau masuk dulu?”
”nggak deh tan, makasih” Adis tersenyum simpul. ’kamu kemana sih’ batinnya.
Setelah keluar dari pagar rumah Angga, Adis terfikir akan suatu tempat. Tempat yang penuh dengan kenangan indah. Di tempat itu lah sumber terbesar kebahagiaannya. Dimana mama dan papanya yang dulu selalu meninggalkannya berbisnis membuat dia mencari tempat pelarian selain rumah besar yang hampa itu. Ditempat itulah dia berlabuh, karena di tempat itu selalu ada seseorang. Seseorang yang selalu bisa menyambung nafasnya yang hampir saja putus.
Kemudian Adis melangkahkan kakinya cepat ke tempat itu, 3 tahun tidak menjadi hambatan untuk membuatnya lupa jalan-jalan di daerah ini. Dia masih ingat, masih sangat jelas.
Sesaat setelah sampai di tempat tujuan, taman diluar kompleks rumah lamanya. Dia melangkah cepat menuju sudut taman yang ditumbuhi pohon besar. Adis terperangah. Terkejut melihat sosok yang meringkuk di bawah pohon besar itu. Wajahnya pucat, ada bekas luka memar di wajahnya, tatapannya hampa. Lalu dihampirinya sosok itu dengan hati-hati. Kemudian dia duduk tepat disamping sosok itu.
”kan aku udah bilang. Kalo aku nggak ada, kamu baik-baik yah. Kok ini malah aku ngeliatnya kamu abis dari kenapa-napa” ucapnya lembut.
Angga menoleh dan membeku seketika. Tak disangkanya siapa yang duduk di sebelahnya saat ini. Gadis ini. Gadis ini kebahagiaannya yang hilang 3 tahun yang lalu. Akar dari segala akar emosinya yang tak terkontrol 3 tahun belakangan.
”kenapa? Kaget?” tanyanya dengan suara yang tenang.
”Dis...”
”iya, Ga. Ini aku, Adis”
Angga belum sadar sepenuhnya dari perasaan kaget. Dia tidak menyangka secepat ini. Suaranya pun tercekat.
”kamu kok sekarang kebanyakan diem yah. Dulu aja bawel”
Angga masih diam. Adis melanjutkan ucapannya.
”aku minta maaf yah”
”kamu kapan pulang?” Angga cepat-cepat mengalihkan pembicaraan. Karena ia tau kalau pembicaraan ini dilanjutkan, ia takkan kuat menahan air matanya.
”kemarin. Mama udah ngizinin aku tinggal disini. Tapi aku nggak tinggal sama papa. Aku tinggal sama bik darmi. Kamu masih inget kan?”
”yang suka masakin kita makanan kalo mau belajar bareng dirumah kamu itu? Yang masakannya enak banget?” jawab Angga.
”iya. Sibb deh kalo Masih inget” sambil mengacungkan jempolnya.
”disini lama?”
”kemungkinan selamanya. Karena aku lahir disini. Aku nemuin kehidupan aku disini. Dan aku bakal terus disini. Selamanya”
”kelas 3 juga kan? Tanya Angga.
”pertanyaannya bego deh. Ya iyalah” Adis manyun.
”haha. Becanda. Siapa tau di luar negeri SMAnya Cuma setaun abis itu tamat” gadis ini ternyata benar-benar mampu menghibur Angga.
”huu, becandanya garing tau. Oh iya, disana aku home schooling, jadi...” Adis menghentikan ucapannya.
“jadi apa?”
“jadi kamu sahabat aku yang terakhir. Karena 3 tahun disana, aku nggak pernah dapet satu pun temen. Paling tetangga doang, itu juga ketemu pas kebetulan sama-sama lagi buka jendela trus nggak enak kalo nggak nyapa” sakit lagi. Itu yang slalu dirasakan Angga. Memang setiap gadis ini menceritakan satu hal tentang deritanya, Angga seperti ikut terpuruk.
”pindah sekolah kesini dong?” tanya Angga.
”iya dong. Aku udah tau bakal masuk SMA mana. Besok mau daftar”
Sejenak Angga berfikir. Dulu waktu masih SMP, Adis pernah bercerita –yang juga ditulisnya dalam diary- bahwa nantinya kalau sudah SMA, dia ingin sekolah di tempat yang sama dengan... Ari. Sayang, tak pernah terkabul karna dia harus pergi ke luar negeri waktu itu.
”pasti SMA Airlangga” ucap Angga yakin. Walaupun dia sendiri sakit mengucapkannya.
”siapa bilang?”
Angga hanya diam.
”SMA Brawijaya tau” jawab Adis polos.
”hah?” Angga terperangah.
”kenapa?”
”itu...”
”sekolah kamu kan?”
Angga diam sejenak dan melanjutkan ucapannya.
”dulu bukannya kamu bilang, kalo udah SMA mau sekolah di tempat yang sama yah, kayak... Ari” nama itu. Adis hanya tersenyum. baginya kini, nama itu sudah tidak berarti apa-apa lagi. Sepanjang 3 tahun ini tak pernah lagi nama itu muncul di benaknya, bukan nama itu lagi, tapi nama orang lain. Nama orang yang sekarang ada di hadapannya.
”di kehidupan ada 3 unsur. Masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Kalo dia cuma ada di salah satu unsur di kehidupan aku, cuma di masa lalu. Ada orang laen yang bagi aku ada disemua unsur kehidupan aku, dia masa lalu, masa sekarang, dan mudah-mudahan masa depan buat aku” Adis menghentikan kata-katanya sejenak dan menyambungnya kembali.
”hidup juga selalu penuh penyesalan. Dan penyesalan terbesar aku adalah ninggalin dia... 3 tahun yang lalu”
”siapa?” Angga memberanikan diri bertanya. Walaupun ia sangat takut akan jawaban dari gadis ini.
”kamu... Anggada”
Angga diam. Dia sibuk dengan fikiran dan hatinya sendiri. Sibuk bertanya-tanya apakah ini mimpi. Kata-kata itu jika memang kenyataan, ingin dia hentikan waktu saat ini juga. Karena moment seperti inilah jawaban atas segala doa-doa panjangnya tentang gadis ini.
                                                          ***

”kamu Tari?”
”iya. Kakak siapa yah?”
”aku boleh bicara sama kamu bentar?” Tari tak menjawab. Dan tanpa mengulur waktu, cewek ini menarik tangannya lembut ”ikut aku yah, sebentar aja” Tari hanya mengangguk. Setelah sampai di tempat tujuan...
”kenalin... aku Adis”
”hah?” Tari terperangah mendengar nama cewek ini.
”aku udah yakin kamu pasti kaget. Iya Tar. Aku penyebab kamu menderita kemaren-kemaren” ucap Adis masih dengan senyuman di wajahnya, namun kali ini ada sebuah penyesalan tergambar jelas di wajahnya.
”katanya kakak pindah ke luar negeri?”
”aku udah balik. Aku nyampe sini 3 hari yang lalu”
”ohh”
”maafin aku yah Tar”
”bukan salah kakak kok”
”tapi Angga gitu karena aku”
”aku ngerti kok kak. Pasti berat banget buat kak Angga kehilangan kakak. Itu salah satu bukti cinta dia ke kakak”
”kamu udah tau ceritanya?”
”udah. Kak Ari yang cerita”
”ohh, Ari yah. Dia pasti sayang banget sama kamu”
”emm.. kakak...” Tari lupa. Berdasarkan cerita Ari yang diperoleh dari Angga, kesimpulannya adalah cewek di hadapannya ini sangat menyukai Ari, bahkan menurut Angga, Ari-lah cinta pertama Adis.
Adis tersenyum.
Lalu dia menceritakan semuanya. Semua kisahnya dari zaman SMP. Ari yang merupakan cinta monyet sekaligus cinta pertamanya. Rasa malunya ketika diarynya yang semuanya berisi tentang rasa sukanya kepada Ari dibacakan temannya di depan kelas dengan suara yang lantang. Penyakitnya yang sering kambuh bahkan colaps karena Ari selalu cuek padanya dulu. Kepergiannya ke luar negeri, dan terakhir Angga yang merupakan sahabat terbaiknya, yang selalu setia mendengar keluh kesahnya dan sekaligus orang yang sangat dia cintai... saat ini.
”jadi kamu jangan khawatir. Cerita aku sama Ari udah lama. Nggak ada sisa sama sekali” Adis meyakinkan Tari.
Tari tersenyum lega.
”Aku datang kesini bukan untuk rebutan Ari sama kamu. Aku kesini karena aku mau ngajak kamu kerja sama” Adis tersenyum penuh arti.
Kemudian dia menjelaskan rencananya.
                                                          ***

”sekarang?”
”nggak lah, pulang sekolah. Emang aku kakak apa, tukang bolos. Tapi ntar kakak pergi duluan aja, aku ada urusan sebentar”
”urusan apa? Kenapa nggak bareng aja sih. Gue bisa anter lo dulu ke urusan lo. Udah gitu baru kita pergi bareng”
“nggak bisa. Kakak tuh yah, bisa nggak sih sekali-kali nurutin kemauan aku” Tari manyun.
”iya iya sayang, gitu aja ngambek” Ari mengacak-acak rambut Tari yang membuat seluruh cewek yang melihat ngedumel dalam hati. ’gue mau deh tukeran idup sama Tari’ batin salah satu anak yang melihat.
                                                          ***

”mau kan?”
”kalo sama kamu mau deh. Jadi mau aku jemput jam berapa ntar pulang sekolah? Kamu sih baru masuk sekolah besok. Padahal aku udah nunggu-nunggu”
”kan hari ini baru daftar. Masa langsung masuk. gak usah, aku mau nemenin bibik belanja dulu. Ntar kamu kesana langsung aja, aku nyusul”
”aku temenin kalian belanja dulu deh. Biar kesananya bareng”
”nggak usah. Cuma bentar kok. Yah?” pinta Adis.
”iya deh” jawab Angga.
                                                          ***

Ari sampai di tempat yang dimaksud Tari, taman kota. Dia duduk di salah satu bangku panjang. Tak lama, datang Angga. Tatapan mereka bertemu, tak menyangka tanpa ada janji apa-apa diantara keduanya bisa bertemu di tempat ini. ’ngapain sih nih anak’ batin Ari. Namun mereka hanya diam, duduk saling membelakangi. Tari dan Adis yang mengintai mereka dari jauh memutuskan untuk keluar dari persembunyiannya, karena takut terjadi hal-hal yang tidak mereka inginkan, seperti perkelahian.
”kok diem-dieman sih?” ucap Adis yang tiba-tiba muncul bersama Tari. Mereka tersentak. Terutama Ari. Baru kali ini dia melihat gadis ini setelah terakhir 3 tahun yang lalu.
”kalian... kenapa bisa muncul barengan gini?” tanya Angga tak mengerti.
”kita kan udah temenan” jawab Tari polos.
”ini apa-apaan sih” Ari mulai sewot. Merasa dikerjai.
”kita sengaja kok nemuin kalian berdua. Supaya masalah kita ber-4 selesai. Dan kalian berdua... bisa akur lagi kayak dulu” jawab Adis.
Angga menoleh ke Ari, begitu pula sebaliknya. Ketika tatapan mereka bertemu, mereka kembali buang muka.
”lo kok nggak kaget ngeliat Adis disini?” tanya Ari pada Angga tanpa menatap.
”gue udah duluan ketemu dia kemaren, bego” jawab Angga juga tanpa menatap Ari.
Kemudian Adis menjelaskan semuanya, semua yang belum didengar Ari. Tentang perasaannya dulu terhadap Ari. juga tentang perasaannya saat ini yang hanya menganggap Ari sebagai teman tidak lebih. Karena di hatinya sudah ada cowok lain.
”gue minta maaf udah nyakitin lo dulu Dis” ucap Ari tulus ”soal sapu tangan itu...”
”aku udah ngelupain masalah itu kok, beneran. Jadi sekarang diantara kita nggak ada masalah lagi kan?” Adis menatap satu per satu wajah didepannya.
”baikan dong” pinta Tari.
”ngapain gue musti baikan sama dia” jawab Angga tanpa menunjuk Ari.
”gue juga males” timpal Ari.
“gue sama kak Adis udah sahabatan nih. Masa cowok-cowok kita pada berantem. Kan nggak sinkron banget. Kalo kalian masih nggak mau baikan juga, kita nggak usah pacaran aja” ancam Tari yang membuat Ari gelagapan.
“bener banget” timpal Adis.
“eh, itu maksudnya apa?” cecar Ari.
“kok pake anceman sih?” ucap Angga was was.
“makanya baikan. Sini tangannya” lalu Adis menarik lembut tangan kanan Angga. Begitu pula Tari menarik tangan Ari. Lalu mereka menyatukan tangan keduanya, membuat kedua tangan itu saling bersalaman.
“saling minta maaf gih” kata Adis.
“hah? Nggak” jawab Angga.
”males” timpal Ari.
Melihat kedua pacar-pacar mereka yang langsung murung, Angga dan Ari gelagapan. Mereka tidak sanggup membayangkan resiko mereka merealisasikan ancamannya. PUTUS.
”iya iya. Gue minta maaf” Angga akhirnya mengalah duluan. Dia minta maaf kali ini sambil menatap Ari. Karna sebenarnya hatinya memang memaksa untuk itu. Dia membenarkan dalam hati kalau memang saat ini, dia rindu akan teman SMPnya satu ini.
”gue juga” jawab Ari tulus. Kemudian mereka tersenyum.
”nah, kan gitu enak” ucap Tari polos.
”janji yah mulai sekarang nggak ada lagi berantem-beranteman”
”iya janji. Gue juga capek berantem sama Ari” kata Angga.
”capek ato lo takut hmm?” tanya Ari sambil tersenyum dan menaikkan alis.
”hem. Nantang. Ntar kita tanding gimana Ri?” Tari dan Adis menarik nafas, khawatir.
”oke, di lapangan garuda” kata Ari.
”udah paham banget lo yah. Sipp deh. Akhirnya tempat itu jadi tempat maen bola beneran. Setelah selama ini jadi ring tinju buat kita” kemudian mereka ber-4 tersenyum dan tertawa bersamaan.
”kalo gitu nggak bakal ada tawuran lagi dong. Asikkk. Bisa tenang”
”siapa bilang?” sergah Ari langsung.
”oh, kalo itu sih tergantung sikon Tar” timpal Angga.
Tari dan Adis saling pandang, saling membatin ’emang dasar preman’.

-THE END-

4 komentar:

  1. ini dapat dari mna ? yg dari mba esti kinasih udah terbit belum yak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau aku yah , itu buku udah terbit lama , cuman ditarik lagi katanya sih ada revisi *tanya mas" gramedia* terus untuk terbit lagi entah kapan .

      Hapus

Chat Room

Try It !!

Seberapa terbantukah anda dengan mengunjungi blog milik saya ?